Jakarta (ANTARA) – Pemerintah meminta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menjadi mitra strategis dalam membangun perekonomian nasional.

“Strategi pembangunan ke depan terkait erat dengan program Kadin. Di depan, setumpuk pekerjaan dan harapan pengusaha kecil hingga besar menanti. Pemerintah dan Kadin harus membangun kemitraan strategis untuk membangun ekonomi,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa pada acara pengukuhan pengurus Kadin Indonesia periode 2010-2015 di Jakarta, Kamis.

Hatta mengajak pengurus baru Kadin Indonesia melakukan pertemuan rutin dengan jajaran pejabat Kementerian Koordinator Perekonomian dan kementerian terkait lain, untuk membahas permasalahan yang dihadapi sektor usaha dan mencari solusi untuk mengatasinya.

“Paling tidak tiga bulan sekali jajaran Kementerian Koordinator Perekonomian dan kementerian terkait perlu mengadakan rapat koordinasi dengan jajaran pengusaha di Kadin,” katanya.

Ia mengatakan, kemitraan strategis antara pemerintah dan pelaku usaha sudah terbukti efektif mendukung ketahanan ekonomi pada saat krisis.

Keberlanjutan kemitraan tersebut, kata dia, akan sangat penting dalam upaya mewujudkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan memeratakan pembangunan ekonomi pada masa mendatang.

Ia menambahkan, kemitraan strategis antara pemerintah dan pengusaha juga akan mendukung pencapaian target pemerintah untuk meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) yang sekarang sekitar 700 miliar dolar AS menjadi satu triliun dolar AS pada 2014.

Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan, pihaknya siap bermitra dengan pemerintah.

“Pemerintah dan pengusaha harus bekerjasama menghilangkan hambatan-hambatan bisnis yang harus diakui sampai sekarang masih banyak, terutama di daerah,” katanya.

Menurut dia, dalam hal ini pemerintah dan pelaku usaha bisa bersama-sama merumuskan kebijakan insentif dan stimulus pada sektor-sektor usaha yang berpotensi berkembang.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Organisasi, Keanggotaan, Pemberdayaan Daerah dan Tata Kelola Perusahaan Anindya N Bakrie menambahkan, Kadin Indonesia bisa menjadi jembatan bagi pemerintah dan dunia usaha untuk bekerja sama menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

“Kalau ini bisa terwujud, hambatan-hambatan bisa dikurangi, saya yakin pertumbuhan ekonomi kita ke depan bisa lebih dari enam persen,” demikian Suryo Bambang Sulisto.